13 Tahun Dilatih Sir Alex, Giggs Justru Belajar dari Van Gaal

Agen Bola Online – Sir Alex Ferguson pasti jadi manager paling punya pengaruh dalam profesi Ryan Giggs di atas lapangan hijau. Tetapi, untuk pelatih, Giggs malah belajar beberapa dari Louis van Gaal.

Semasa 13 tahun dilatih Fergie di Manchester United, Giggs menjelma untuk salah satunya pemain sayap paling baik di Eropa. Deretan gelar berprestise sempat dimenangkan Giggs termasuk juga panggilan ‘Mister Premier League’ sebab punyai gelar liga paling banyak.

Giggs lalu pensiun di akhir musim 2013/2014 sebelum pilih jalan pelatih. Semenjak 15 Januari 2018, Giggs dipercayai mengatasi Tim nasional Wales dengan catatan 9 kemenangan, tiga seri, serta tujuh kekalahan.

Masih banyak naik-turunnya, tetapi ini masih babak evaluasi untuk Giggs untuk manager. Untuk satu itu, Giggs justru banyak cari pengetahuan dari Van Gaal yang membuatnya asisten waktu melatih di MU.

Baca Juga : Tim-tim yang Paling Sering Dikalahkan Pep Guardiola

2 tahun kerja bersama Van Gaal demikian terkesan serta banyak pengetahuan dari pelatih dari Belanda itu yang dipakai Giggs sekarang ini.

“Itu kenapa saya banyak mengulas Louis berkaitan style melatih saya, sebab saya tetap berjumpa dengannya semasa 2 tahun, bicara masalah tanggung jawab, serta bicara dari dalam hati ke hati dengannya, karenanya ialah pengalaman pertama saya melatih,” tutur Giggs pada Manchester United Podcast.

“Saat bermain, Anda tidak paham semacam apa persiapannya. Anda tidak paham apakah yang manager melihat di video. Paling pemain hanya bisa waktu tujuh atau delapan menit lihat musuh, tetapi staf pelatih menyaksikannya berjam-jam. Jadi itu benar-benar tidak sama, betul-betul beda, walau Anda kerja bersama satu manager dalam tempo lama,” tambahnya.

“Saya banyak ambil bagian man management dari Sir Alex, sesaat saya lihat skema yang lain dari Louis, mengapa Anda bermain dengan skema tidak sama, ada fakta untuk segalanya dilaksanakan. Betul-betul pengalaman tidak sama,” tutup Giggs.