Kunci Sukses Liverpool Bernama Van Dijk

LIVERPOOL – Liverpool menjalani musim yang luar biasa di kampanye 2018-2019 dengan menjadi runner-up Liga Inggris dan menjuarai Liga Champions. Menurut manan penggawa mereka, Mark Wright, yang menjadi kunci sukses Liverpool di musim 2018-2019 adalah sang pemain senilai 75 juta pounds, Virgil van Dijk.

Van Dijk didatangkan oleh Liverpool dari Southampton pada bursa transfer musim dingin 2018 dengan nilai fantastis. Hal itu sempat menuai kritik dari banyak pihak. Pasalnya, harga sebesar 75 juta pounds untuk seorang bek dianggap terlalu besar.

Kendati demikian, seiring berjalannya waktu, Van Dijk mampu membuktikan diri kalau ia layak ditebus dengan jumlah tersebut. Sebagai seorang bek, Van Dijk dianggap mampu mengatur lini pertahanan dengan baik dan membantu rekan-rekannya menempati posisi ideal.

Selain itu, Van Dijk juga memiliki duel udara yang bagus. Sundulan Van Dijk bahkan beberapa kali membantu Liverpool kala mereka sangat membutuhkan gol. Maka dari itu, Wright menilai kalau Van Dijk adalah sosok yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kesuksesan The Reds musim lalu.

Baca Juga : Neymar Gabung Barcelona, Umtiti ke Arsenal?

“Anda dapat berbicara tentang kemampuannya dalam penguasaan bola dan, ya, dia bisa menyundul bola, dia cepat dan dia bisa melakukan semua potongan-potongan lainnya juga. Tapi Anda tidak datang ke Liverpool kecuali Anda dapat melakukan hal-hal itu. Hal terbesar yang membuat saya terkesan adalah apa yang saya lihat darinya ketika bola berada di ujung lapangan,” ujar Wright, menukil dari Goal, Jumat (5/7/2019).

“Dia mendikte. Dia memastikan rekan setimnya sadar. Itu adalah mengorganisir pemain lain yang telah membuat perbedaan terbesar karena tidak ada banyak pemimpin di sekitar, tetapi dia bisa melakukan itu. Tidak ada yang akan berdebat dengannya karena Virgil adalah gembongnya. Saya melihatnya sebagai kunci keberhasilan Liverpool,” lanjut Wright.