Van Gaal Kagum Guardiola Bisa Bikin Messi dan Aguero Menurut

AMSSTERDAM – Tak ada yang memungkiri bahwa Josep Guardiola merupkan salah satu manajer sepakbola terbaik yang ada saat ini. Mantan Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal, bahkan mengakui kekagumannya terhadap sosok Guardiola karena telah berhasil menjadi komando di ruang ganti.

Karier Guardiola sejatinya mulai melejit kala ia membawa Barcelona meraih gelar juara berturut-urut, termasuk treble winner. Luar biasanya, Guardiola mampu membuat para pemain Barca mengikuti pola bermain yang diterapkannya, termasuk Lionel Messi.

Menurut Van Gaal, bukanlah hal yang mudah mengubah gaya bermain seseorang untuk bisa menyatu ke dalam sistem. Terlebih lagi, jika pemain tersebut sudah memiliki gaya bermainnya sendiri yang hebat. Dan, hal itu tak hanya dilakukan Guardiola di Barca saja.

Kala menangani Manchester City, Van Gaal pun menilai kalau Guardiola berhasil melakukan kerja yang sama. Pelatih berpaspor Spanyol itu dinilai telah mengubah gaya bermain Sergio Aguero. Sebelum kedatangan Guardiola, Aguero hanya fokus untuk mengincar gol saja. Akan tetapi, kini Aguero juga kerap turun ke belakang untuk membantu membangun serangan.

Baca Juga : Sarri Datang, Mandzukic di Ambang Pintu Keluar Stadion Allianz

“Guardiola memenangkan gelar dengan Barcelona karena dia memiliki Messi dan karena dia tidak membiarkan Messi bermain dengan caranya sendiri. Itulah bedanya. Messi menyesuaikan dengan rencana Guardiola, bukan sebaliknya,” jelas Van Gaal, melansir dari Manchester Evening News, Senin (24/6/2019).

“Guardiola mencapai hal yang paling sulit – bahwa para pemain bergerak ke arah yang tepat pada waktu yang tepat. Untuk melakukan sesuatu seperti itu, Anda harus membuat bahasa, semangat tim, komunitas. Lihatlah Aguero. Dia bermain untuk dirinya sendiri sampai Guardiola mengubahnya dan sekarang bergerak ketika dia seharusnya bergerak. Itulah seni melatih,” lanjut Van Gaal.